Selamat Datang Sahabat Luar Biasa

Pendataan dan Penjaringan ABK Tim 2 Di Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu Tahun 2023

Indramayu (05/07/2023). Pendataan dan Penjaringan Anak Berkebutuhan Khusus yang dilaksanakan oleh Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SLB Negeri 2 Indramayu masih berlanjut. Pada hari ini penjaringan anak ABK dilakukan oleh Tim 2 di wilayah kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu. Tim 2 terdiri dari 12 guru, kolaborasi antara PNS, P3K dengan melibatkan tenaga honorer.


Di kecamatan Sindang, mulai tahun ajaran kemarin sudah ada Unit Layanan Disabilitas (ULD) dari SLB Negeri 2 Indramayu dan sudah terjaring dan bersekolah sebanyak 6 anak. Mudah-mudahan tahun ini anak anak yang belum terjaring di tahun lalu bisa terdata di tahun ini dan bisa memperoleh haknya untuk mendapatkan layanan pendidikan.

Pendidikan luar biasa tidak terlepas dari anak berkebutuhan khusus. Keadaan di lapangan masih banyak anak berkebutuhan khusus belum terjaring keberadaannya, sehingga penjaringan ini bertujuan untuk mendapatkan data keberadaan anak berkebutuhan khusus. Jangan sampai ada anak berkebutuhan khusus yang tidak terlayani dari segi pendidikannya. Penjaringan anak berkebutuhan khusus sangat diperlukan agar keberadaan mereka dapat diketahui sedini mungkin. Penjaringan sifatnya masih secara sederhana dan tujuannya lebih ditekankan pada menemukan secara kasar anak yang mengalami kelainan atau penyimpangan.

Kegiatan penjaringan dan pendataan ini sudah menjadi agenda rutin SLB Negeri 2 Indramayu setiap tahun. Dalam kegiatannya diawali dengan mengunjungi kantor kecamatan sesuai dengan jadwal kelompok yang sudah dibuat, untuk meminta ijin sekaligus meminta data anak anak berkebutuuhan khusus usia sekolah dari kecamatan, dilanjutkan ke tiap tiap kelurahan/desa dan kunjungan ke rumah-rumah anak yang menjadi sasaran penjaringan anak berkebutuhan khusus

Dari hasil penjaringan ini kami berharap orangtua memahami dan mengetahui gejala-gejala anak berkebutuhan khusus dengan diadakannya pengenalan kepada masyarakat tentang anak berkebutuhan khusus oleh pemerintah, sehingga nantinya anak berkebutuhan khusus ini sedini mungkin bisa terlayani khususnya dari segi pendidikannnya.

SLB Negeri 2 Indramayu siap menerima Anak berkebutuhan khusus dari semua jenis kelainan, baik Tunarungu, Tunanetra, Tunagrahita ringan, Tunagrahita sedang dan Autis.

Berikut dokumentasi Tim 2 dalam melaksanakan kegiatan mulai dari persiapan persiapan berkas dilanjutkan penjaringan dan pendataan di Kantor Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu :





















Share this post :

Posting Komentar

Popular Post

SELAYANG PANDANG

Assalamualaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah Swt, atas segala limpahan Rahmat, Taufiq, Hidayah, serta Inayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberi kesempatan untuk berpartisipasi secara aktif dalam dunia pendidikan. Dalam era global seperti sekarang ini, kecepatan memperoleh informasi akan menjadi modal utama dalam rangka menentukan langkah kedepan. Untuk mewujudkan hal itu, telah kami mempublikasikan web SLB Negeri 2 Indramayu dengan harapan bisa lebih komunikatif dan lebih bisa memenuhi kebutuhan informasi tentang sekolah kami. Semoga dengan dipublishnya Web kami terbaru SLB Negeri 2 Indramayu ini bisa menjawab semua kebutuhan masyarakat tentang kondisi sekolah kami dan masyarakat bisa memanfaatkan konten yang ada sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan kami. Kami menyadari bahwa semua ini masih perlu penyempurnaan, untuk itu kami tetap menunggu saran dan kritik membangun dari masyarakat / stakeholder agar sekolah yang kita cintai ini menjadi sekolah yang benar-benar berkualitas. Smoga, amiin.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
 
Copyright © 2015. SLB NEGERI 2 INDRAMAYU - All Rights Reserved